eny si anak jawa bermata elang

mata elang jawa

eny si jawa bermata elang

aku pernah menyebut diriku,

eny si what is-why-how to.

saking banyaknya tanya di kepalaku, kulontarkan hanya pada ia yang menurutku bisa menjawabku.

kepanjangan tangan Rabbuna atas ilmu.

melihat ke cermin sepanjang hidupku,

aku harus mulai mengganti namaku.

eny si jawa bermata elang, atau sebuah nama semacam itu.

bukan semata karena daya terbangku, bukan semata karena besar tubuhku, bukan semata karena tinggi rumahku, maka aku selalu berada di ketinggian tertentu, tertinggi diantara makhluk di sekitar bromo, gunung tertinggi di propinsiku.

kebetulan saja aku terlahir begitu.

kebetulan saja peranku disitu.

memberitahukan padamu, apa yang akan kita hadapi, beberapa depa di depan jalan kita itu.

mungkin aku tidak berada di jalan yang sama denganmu.

mungkin aku terbang tepat di atasmu saat hal itu terjadi padamu.

tapi aku yang kebetulan melihatnya lebih dulu, punya satu kewajiban di bahu. MEMBERITAHU-MU.

hanya itu.

bermata elang sekalipun, bukan untuk disombongkan di depanmu. bermata elang adalah sebuah kewajiban baru. menjelaskan fenomena kepadamu. agar secara mental kita siap menerima ‘akan terjadinya sesuatu’.

bukan peramal,

bermata elang berarti hanya membaca yang bisa di deteksi indera penglihatan dengan lebih tajam. itu saja.

::

eny erawati 14.09.2011

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di desain by eny, eny bicara Fenomena, gambar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

