Inkonsistensi dalam menulis

Sebuah kritik soal caraku menulis, mampir di bawah posting tulisanku. Bagi redaksi di blog tempat aku mempublish tulisanku, tata cara menulis telah memiliki aturan baku yang ‘tidak pada tempatnya’ untuk di tawar. Tata cara penulisan adalah hukum lumrah yang biasa, dan harus dipatuhi oleh siapa saja.

bukannya aku berbeda.

Kebiasaan tulisku memang berbeda. Dan membaca koreksi tersebut, pertanyaanku (self reflectionku) sederhana. Mengapa aku ‘tidak terbiasa’ menulis dengan memperhatikan tata cara penulisan ya? Salahnya dimana? Aku mencurigai media tempatku menulis sebagai sumber masalahnya. Tapi kemudian, self reflection lagi, bukankah seharusnya penulis lah yang lebih ‘menguasai’ alat yang dipakainya. Tata cara tulisku tetap salah. Dan koreksi dari redaksi itu, ada benarnya.

Ada satu kebiasaanku yang membuatku membelalakkan mata pada diriku sendiri saat membaca koreksi itu. Self Defense.

Mengapa yang duluan tergerak ketika ada koreksi, justru self defense-ku? Buat apa aku harus membela diri? Kritik adalah upaya untuk membuat satu kegiatan menjadi lebih baik. Mengapa harus ‘ku tolak?’

Self defense memang masih menjadi kebiasaanku, dan ternyata masih menjadi kebiasaanku sampai saat ini. Buktinya responku masih bernada ‘self defense’.

Harusnya tidak begitu.

harusnya murid yang belajar tasawuf terbiasa untuk mengolah hatinya, lebih dulu dibanding orang yang lainnya.

gagal.

aku belum bisa melakukan ilmu ‘olah hati’ku sendiri, meski aku sudah belajar ilmu tentang itu.

Maka, maaf.

Maaf saya telah sempat keras hati, ngotot membela diri. Harusnya respon saya tidak seperti itu.

Maaf atas sikap saya, dan terima kasih atas koreksinya.

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di eny bicara Fenomena. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

