siapa eny

ke Gading,
begitu duduk, melihat kyai Mad, aku langsung ingin bersimpuh.
sesuatu seperti sedang merangkulku, mendinginkan hatiku.

pertanyaan tentang darimana dan sebagainya tidak terlalu masuk ke hatiku. aku sibuk dengan keinginanku untuk duduk di lantai, ‘mendinginkan kaki’.

‘mustinya namanya Nur’ dan tumpahlah air mataku.
Nur adalah nama kakekku dari mommy. beliau melihat namaku seperti mommy dan aku sendiri melihat soal namaku. harusnya, aku memakai nama kakekku.

eny adalah nama karena lidah jawa (yang keminggris pula). harusnya aini. yang berarti mata.

mustinya, namaku nur aini, cucunya nurali. pas kan?!

secara garis darah, aku tidak bisa memakai nama kakekku dari ibu dalam namaku. maka, harusnya, nama kakekku dijadikan nama depanku. sebuah solusi agar aku masih bisa nyambung dengan kakekku dan menarik sesuatu dari buyutku terus ke atas.

jika namaku nur aini munif, maka aku menarik garis dari ibu, kakek, buyut dan seterusnya di depan. dan menarik garis dari aba, kakek, buyut dan seterusnya di belakang (seperti seharusnya).
itu baru namanya barakah.

maka maaf, seringkali, jika bukan untuk sesuatu yang formal, maka aku sering memakai nama ‘nur aini’ dibanding memakai nama ktp. dua dua nya namaku, dan bukan alias. yang satu tulisan jawa (rada keminggris), yang lain tulisan arab (meski tidak ada yg mau mengakui darah arab di keluarga ibuku).

demikianlah.

*cerita kuno yang panjang*

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di eny bicara Fenomena dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

