Cara Membaca Foto

Caraku membaca foto itu:
1. Melihat pesan visualnya. Pinter atau bodoh secara teknis, fotografer selalu bertujuan mengkomunikasikan sesuatu. Bahkan saat tdk ada pesan apa apa kecuali ‘memejengkan kamera’. Itupun pesan juga kan?!
2. Melihat DOF (depth of field). Dalam kalimat, yg paling harus dicari adalah inti kalimat. Dan inti kalimat akan terlihat pada DOF, komposisi dan penanganan lightingnya.
3. Melihat space ambientnya. Pagi adalah jika ambientnya terang. Dan malam adalah jika ambientnya gelap. Apa itu ambient frame? ambient ya ambient lah. Space yg menghasilkan ambiance pada frame. Ambient=Lightsource ambience pada frame.

Jika ambient terang, maka menangkap ‘ikan’ adalah dengan menggunakan jala yg lubangnya kecil. Memakai bukaan bukaan kecil
Jika ambientnya gelap, maka menggunakan jala yang lubangnya besar besar, bukaannya besar.
Ambient adalah lightsource yang mengisi ambience frame.

enyerawati 28092012

Iklan

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di enyerawati, ilmu melihat, Photo Critics, photography phenomena dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s