Pemicu Fotografer Memotret

Pemicu Fotografer Memotret

Photographer, pada lazimnya terpicu oleh moment.
Bisa berupa kejadian yg berhubungan dengan aktifitas manusia atau makhluk bergerak lainnya, bisa juga karena sumber cahaya.
Pada tataran umum, fotografer tergerak oleh moment yang kasat mata.
Pada tataran yang lebih tinggi, fotografer terpicu oleh yang lebih halus. Tetap kasat mata, tapi lebih halus.
Karena berhubungan dengan kecepatan angin,
atau sumber cahaya yang sangat kecil,
jauh lebih kecil dibanding ambient.
Awan yang bergerak, bintang, atau kabut misalnya.
Pada tataran kompleks fotografer menghitung semua faktor tersebut. Baik faktor moment bergerak yg berhubungan dengan manusia, sumber cahaya utama, sumber cahaya ambient, shadow, maupun moment yg pergerakannya sangat halus seperti awan dan kabut.
Penghitungan teknis yang berlapis tersebut membuat viewer mendapati sajian frame yang kaya, dalam satu media sekaligus.
Jika tidak terbiasa untuk melihat gambar elemen per elemen,
bisa jadi akan menganggap gambar tersebut sebagai hayalan semata.
Pada tahap ini, kurasi dibutuhkan utk membantu viewer
dalam membaca elemen per elemen pesan dari gambar.
Dan itu, belum membaca apa yg ingin disampaikan fotografer secara tersirat dari gambarnya.
eny erawati 07032013 –

Iklan

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di eny bicara Fenomena dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Responses to Pemicu Fotografer Memotret

  1. iin berkata:

    mbak, aku bisa minta nomer ketua dari komunitas fotografi mbak gak?? soalnya kita mau ada acara pelatihan fotografi gitu mbak. mohon bantuannya ya mbak.

    • enyerawati berkata:

      mbak Iin yang baik, pelatihan fotografi, apa yang bisa kita bantu?
      Ketua ya? uhmm … kami berkomunikasi via chat Line, FB dan email selain ketemu di Ngopienet tiap Rabu. Bagaimana kalo njenengan emailkan saja dulu eny_erawati@yahoo.com, nanti saya bantu chat kan sama teman teman, atau saya bantu pasang di wall biar di follow up.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s