Merubah mindset dunia Fotografi Indonesia

Yudhi Soerjoatmodjo

Dunia fotografi Indonesia
::
Dulu maupun saat ini, sulit sekali membuat bangsa ini menyadari satu hal sederhana. Bahwa fotografi adalah tentang cara pandang fotografer yang direkam untuk kemudian sampaikan secara visual.

Bear with me,
Kita memiliki apa apa yang pantas untuk direkam, dan memiliki potensi ekonomi yang tidak kecil.
Kita juga memiliki orang orang yang memiliki cara pandang unik sekaligus kritis yang siap di hebatkan.
Masalahnya tinggal satu saja,

Siapkah Anda, viewer dan pemangku kebijakan tata atur dunia fotografi negeri ini, untuk menjadi pengurus dan penikmat karya dan cara pandang dari orang orang hebat di negeri ini?

Jika viewernya siap, dalam waktu yang sangat sangat singkat, semua photographer dunia akan bisa ‘dikalahkan’ oleh photographer negeri ini. Viewer akan segera dihujani gambar-gambar berkualitas premium yang menggambarkan kekayaan negeri ini, sekaligus keunikkan cara pandang bangsa ini dalam melihat apa yang ada di negerinya sendiri.

Jika pemangku jabatan tata atur dunia fotografi negeri ini siap, maka, hal pertama yg dilakukan adalah mengurusi hal tersebut. Yakni menghebatkan fotografer dan viewer fotografi negeri ini.
Tidak ada fotografer dunia yang tidak bisa kita samai, andai saja alat dan kesempatan yg diberikan adalah sama.

enyerawati 14.10.2013

catatan:
mas Yudhi Soerjoatmodjo adalah mantan kurator Galeri Foto Jurnalistik Antara yang serius melakukan riset tentang IPPHOS dan telah menerbitkan buku hasil risetnya tersebut.
Dengan pengalamannya, tentu saja mas Yudhi bisa membuktikan, betapa sulitnya membuat bangsa ini mengerti tentang hal sesederhana, bahwa fotografi adalah tentang cara pandang fotografer yang direkam untuk kemudian sampaikan secara visual.

Dengan style yg berbeda, dan dengan contoh yang berbeda pula, Anda bisa membaca bahwa statement kami adalah sama. Tentu saja, saya juga bisa membuktikan statemen saya tersebut, meski media dan stylenya tidak sama dengan mas Yudhi.

Jika Anda sebagai viewer siap untuk menikmati dan menghargai karya hebat dari perekam hebat negeri ini, maka karya hebat akan segera tersaji di hadapan Anda.

Iklan

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan Pembelajaran, Photo Critics, photography phenomena dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Responses to Merubah mindset dunia Fotografi Indonesia

  1. pictalogi berkata:

    semangat buat fotografer indonesia. artikelnya cukup menggelitik
    sepertinya banyak orang hebat yang belum terekspos. semoga mulai saat ini fotografer indonesia semakin baik lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s