Curhat Mengajar Hari ini — postingan yang mungkin tidak penting bagi anda

Curhat ngajar hari ini ya.

1. Gap itu masyaallah. Jaman digital, ketika ada perbedaan penggunaan alat teknologi terjadi antar sesama, bisa jadi itu disebut ‘saingan sehat’. Tapi ketika itu terjadi di sekolah -dimana posisinya adalah antara guru dan murid-, aku (sebagai guru) kok merasa seperti ‘kejatuhan sepertiga langit mak byuk‘ ya. Tidak ada solusi, sampai, kita terpojok dan pasrah.

2. Backup adalah internet. Internet adalah backup. Maka, rencana apapun tentang mengajar yang aku lakukan, HARUS wal WAJIB untuk selalu punya ‘materi on the fly‘. Just incase tidak ada player yang bisa jalan, atau gap alat peraga yang terlalu jauh.

3. CS3 ke CS6 itu memerlukan piranti yang jauh beda speknya. Dan spek komputer masing masing anak-lah yang bisa menjadi ukuran, apa yang bisa kita ajarkan di kelas. Kalau 32 bit, maksimal CS4. itupun diskon AE dan Premier. Kalau 64 bit, tapi 2Gig RAM, maksimal CS5.5 dan scratch disk pake drive berbeda, yang harus banyak Gig.
CS3 adalah seri terakhir paling aman utk semua orang. Tapi itu artinya, ada GAP alat yang lumayan jauh. (bagiku, itu serasa menjaring sebongkah awan utk dipasang di kutub utara)

4. Masalah dengan internet adalah, komputer yang kupakai, be it komputer lipatku atau komputer sekolah, HARUS BISA KONEK internet, apapun caranya.
Cara terakhir, adalah, memakai laptop, koneksi via andro. Dan itu, pake pulsa lumayanan. Kan yang dibuka video. Dan, itu berarti pulsa data yang gedean (baca; mahal).

5. Materi yang kubuat, HARUS ada pdf. Apapun wujudnya. Sehingga masalah di beda seri power point misalnya, tidak akan menjadi masalah. (SUPER nyebelin. sudah mbikin materi semalaman, ternyata ndak bisa di buka blas. Rusak pula karena mencoba membukanya dengan banyak metode. Padahal sudah di save as sebagai format yang compatibel dengan seri bawahnya). Pdf adalah solusi.

6. Aku memakai seri Educator dari Autodesk. Tentu saja dengan janji utk tidak memakainya untuk komersial. Dan tentu saja, seri terbaru 2015. Mereka butuh masukan soal produk mereka. Dan Autodesk memang ‘membangun laboratorium’ super besar dengan seri educatornya.
Sementara, komputer masing masing anak, let’s say berada di 3ds Max 7.
Meski secara dasar, sama saja. Tapi, kebingungannya kan melambatkan proses belajar mengajar.
Sebentar, 3ds Max 7 itu masih discreet lho.
Bayangkan, satu alat saja, seri 7, 8, 9, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015

Kalaupun aku menjelaskan dengan peraga screen shoot dari komputerku, berbentuk pdf misalnya, apa aku tidak seperti bicara di planet yang berbeda?
Tahap material terutama.

7. Memasang 2 jenis alat di satu komputer, DEMI menyamakan tampilan komputer dengan komputer siswa. Semacam suara angin surga yang sepertinya mudah kan ya?!
Cobaen talah. Memasang CS6 dan CS3 di satu komputer. Nek dirimu bisa, ajari aku ya. Mengganti itu lebih mudah daripada memasang keduanya di satu komputer. Aku ndak ngomong soal GANTI. Ajarono aku soal memasang dua seri di satu komputer.

itu dulu deh ah.
curhat dihiasi ban pecah, yang untungnya ada bengkel sopan nan baik hati di perempatan Wunut Pandaan (sekitar YANMAR).

sik sik sik. tak bisik bisik bentar.

Gusti, matur nuwun untuk hari ini nggeh. Meski acara coba mencoba membanting banting hati itu bertubi tubi, dalem keparingan ketenangan ‘tidak masuk akal’ bagi ukuran udel dalem. Saya yakin, ketenangan seperti itu, bukan dari dalem. Pasti pemberian dan campur tangan Njenengan itu. Untuk ketenangan itu, matur nuwun nggeh. Matur nuwun sanget.

enyerawati 28082014

Iklan

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di eny bicara Fenomena, enyerawati, ilmu melihat, Kegiatan Pembelajaran. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s