Nama yang Tepat

Catatan pinggir Kongres Fotografi Indonesia 2014

Aku bisa menceritakan banyak nama yg tertera di screen saat diusulkan. Sebagiannya bisa kutunjuk dan kuceritakan dengan mata terpejam. Aku terlalu hafal.

Sebagian lainnya bisa kugolongkan ‘orang baru’ meski secara yuswo, sudah sepuh.

Apa ada yg mengikuti sejarah itu tanpa terlibat atau tepatnya tanpa tertera di sejarah, selain aku?
Di ruangan itu? Tidak ada.

Pilihannya cuma :
orang lama banget,
‘orang baru’ menurut catatan sejarahku,
dan org yang sangat baru muncul.

Kapan aku lahir?
Aku lahir saat Galeri Foto Jurnalistik Antara disebut sebagai yang terbesar se Asia Tenggara. Dibidani org2 yg tidak dikenali oleh orang skrg. IKJ is the the1st born baby. Beliau2 mengajarkan attitude sblm mengajarkan macam2. Menyerap, bukan menyombongkannya. Begitu kata bapak.
Sikap tidak mau menyombongkan diri yg menghasilkan generasi yg tidak mengerti. Well, itu kekurangannya. What can i say?

Lalu, pada daftar yg berisi generasi yg sama sekali baru, cuma 2 nama yg bisa saya ceritakan detail ttg siapa mereka, selebihnya adalah generasi terkini.

Seseorang mempertanyakan satu nama padaku, ‘siapa si itu? Apa kapasitasnya utk duduk disitu?’

Aku menghela nafasku.
Berat menjawab hal yg tidak aku tahu.
Berat utk mengaku, bahwa aku tidak tahu siapa ‘si itu’.
But thats the truth.
Saya benar2 tdk punya catatan sejarah ttg ‘si itu’.

Apa kita akan memprotes, CUMA krn kita tdk tahu? Agak norak menurutku.
So, iya. Aku setuju utk menunggu. Tdk memberi respon apapun sembari menunggu.
Tapi jika ada yg tidak pas dgn rel kita, maka, kurasa kita bisa menyatakan keberatan kita pada orang2 yg harusnya bisa mendengarku.
Atau, kita pakai saja bahasamu. Mungkin bahasamu lebih bisa dimengerti oleh org org Jkt.

Apa dia worth utk duduk disitu? Dont ask me. No body has ever asked me about everyname on the list before.

Satu nama yg saya rasa sudah tepat. Mas Hermanus. Kekalemannya bisa mewadahi banyak org even yg berkonflik kepentingan sekalipun.

17102014 enyerawati

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di eny bicara Fenomena dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

