Tanya Jawab Fotografi

Mbak, kenapa foto yang kayak gitu itu, oversaturated, kontras ketinggian, penggunaan aneka filter atau lensa yang nyeremin kantong gitu, malah dianggap sebagai foto yg indah?

Darimana kau berkesimpulan foto kayak gitu dinilai indah?

Kan juara lomba. Dimana mana foto yg juara, itu ya foto yg ciri cirinya kayak gitu.

Kenapa kau ‘bermasalah’ dengan penilaian indah di aneka lomba itu?

Yaaahh gimana ya. Mosok yg disebut indah kuwi foto yang koyo ngunu kuwi? (=masak yg disebut foto indah itu yang seperti itu?)

::

Salah satu kedholiman dari juri lomba foto adalah ‘itu’. Mengesahkan foto yg definitif tidak indah (tidak estetik) utk masuk sebagai foto indah karena ‘dimenangkan’ oleh keputusan juri yang tidak bisa diganggu gugat.

Ketika masyarakatnya mempertanyakan validitas keindahan gambar yg dianggap juara oleh para juri, belum bertanyapun, mereka sudah putus asa dengan ‘bakal jawaban’nya.

Sungguh sungguhkah para penyelenggara lomba foto itu memahami keindahan dan bermisi menyuguhkan keindahan secara fotografis?
Bagaimana dengan yang memprotes standar keindahan yang Anda pakai itu?
Sungguhkah anda ingin bangsa anda ini menghargai keindahan secara mata fotografi?

::

Jangan dikira, berbincang sederhana denganku, akan menjadi pembicaraan sambil lalu yg tdk masuk dalam pemetaan perkembangan fotografi di benakku ya.
Meski tidak ada yg mau perduli dengan data itu. Aku tetap mencatatnya, atas nama ilmu.

eny erawati S.Sn

Iklan

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di eny bicara Fenomena. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s