Pada Anda yang mengaku pengajar fotografi

Bagi yang akan meneruskan mengajari foto kepada mantan penghuni kelasku, kukabari ya.
Aku belum mengajarkan pada mereka memotret dengan RAW.
Rencanaku, aku akan menitipkan itu pada Anda saja, pengajar mereka setelah kelas saya.
Kenapa? Karena saat ini, komputernya utk dipakai memproses Fx di Ai plus panoramic saja, sudah beberapa kali tepar.
None of them membawa hdd external ke kelas.
Jadi, daripada saya menuai badai di kelas, saya berencana menitipkan sesi RAW dan processingnya kepada Anda saja.
Insyaallah nanti saya beri bekal pada mereka apa saja yg harus mereka tagihkan pada Anda, siapapun yg meneruskan pelajaran fotografi setelah kelas saya nanti.
Jangan kuatir. Andaipun gambar buatan mereka nanti masih acak adul, paling tidak, mereka paham kenapa tidak boleh dan dimana ketidak lucuan ide menyontek exiff itu. Anak-anak yang paham benar salah fotografi.
Saya belum mengajarkan taste atau style. Bukan karena style dan taste lebih tinggi dibanding yg saya ajarkan sekarang.
Tapi karena mengajarkan taste dan style itu semudah mengajarkan fotografi pada fotografer. Satu sesi juga bisa. Buktinya para workshoper merasa cukup mengajar style di satu kali sesi saja. Itupun incl motret modelnya.
Saya mengajarkan prinsip fotografi, bukan sekedar basic.
Karena kang Ray pernah bilang pada kami,
Lebih mudah mengajari pilot how to berfotografi, dibanding mengajari fotografer how to become a pilot.

Soal mengajari taste, saya titipkan mereka pada Anda saja lah ya.

Lagian, yang sekolah sdh nyampe s2 dan malah s3 kan situ. 🙂
Pemikirnya kan harusnya situ.
Jadi, sayalah yg harusnya menagih petunjuk metode mengajarkan fotografi untuk fotografer pada anda.

Saya menyisakan ruang dimana Anda bisa mengajari mereka sesuka style Anda lah.

Happy teaching ya…
Eny Erawati 17042015

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di eny bicara Fenomena. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

