So setan angka yang mengagumkan

Hans Magnus Enzensberger, dan saya selalu ‘hanya’ menyebutnya mister berger, telah menuliskan buku pembelajaran matematika yang paling saya sukai.
Judulnya saja sudah membuat saya suka. Gaya tulisnya, membuat saya jatuh cinta.

Matematika bisa dituliskan dalam bahasa yang sangat sederhana, bahkan seperti buku novelnya HC Andersen.
Ilustrasi kaver yang diwakili dengan karakter angka 9 bertaring lengkap dengan mata apinya, membuat saya merasa yakin akan nembaca sesuatu yang berbeda dari ‘kitab’ matematika mana saja. Rotrout Susanne Berner, ilustrator yang mampu menyederhanakan konsep mengkarakterkan si setan angka, tanpa menjadi ‘lebay’ berlebihan sedemikian rupa.

Dari buku ini, saya mengalami kegembiraan yang luar biasa ketika merasa mampu menemukan bilangan fibonacci, alih alih merasa digurui.

Penulis melahirkan pengalaman baca yang berbeda sekaligus mengasyikkan pada saat yang sama bisa menghadirkan pembelajaran yang mencerdaskan. Yang terhebat adalah fakta bahwa ini adalah kitab matematika, momok yang sebiasanya menakutkan, kemudian menjadi bahasan yang lucu untuk dikenang.

Eny Erawati, 22082015

Iklan

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di eny bicara Fenomena. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s