Prosedur dan Standard of Achievement di kelas enyerawati

Catatan Mengajar 23122015

1. Mengajarkan prosedur kerja atau pipeline workflow

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, masalah utama dari kesalahan hasil akhir karya adalah pelaksanaan prosedur yang tidak tertib atau malah cenderung meremehkan. Pengetahuan prosedural dianggap tidak penting dan tidak mempengaruhi hasil akhir dari pekerjaan. Agaknya, ini adalah efek dari mitos bahwa karya seni (manual ataupun digital) adalah murni hasil olah rasa, bukan hasil keterampilan tehnikal. Sehingga kecenderungan meremehkan prosedur standar dan atau pipeline workflow menjadi sangat berakar.

Dalam hal pebelajar berproses memproduksi suatu karya, ketika siswa menghadapi karya yang dibuatnya tidak sama dengan contoh atau tidak sama dengan keinginannya, maka yang dilakukan pertama kali adalah bertanya, “kok ndak bisa ya?”. Pertanyaan yang seolah menyatakan bahwa pengajar telah memberikan treatmen pengajaran berbeda kepadanya, atau alat belajarnya memberikan hasil yang tidak sama dengan alat belajar orang lain (mencari pihak ketiga untuk disalahkan).

Kebiasaan tersebut, harus diganti menjadi kebiasaan untuk melakukan self reflection, menganalisa standar prosedur yang dilewatkannya sehingga membuatnya menghadapi hasil yang tidak sama dengan konsep yang diinginkannya.
Dibutuhkan metode pembiasaan untuk mampu menganalisa pipeline workflownya sendiri, dan mengenali apa yang terjadi jika seseorang menyalahi prosedur.

2. Mengajarkan ketepatan waktu dan achievement standard

Berdasarkan pengamatan, masalah utama pebelajar desain adalah merasa dirinya seniman sehingga membutuhkan kemerdekaan waktu dalam prosesnya berkarya. Desainer adalah applied artist, bukan artist. Desainer adalah seorang pelaku seni, bukan seniman murni. Sehingga harusnya, pebelajar desain sudah menyadari bahwa bukan haknya untuk meminta kemerdekaan waktu dalam prosesnya dalam berkarya. Desainer juga sesungguhnya berfungsi sebagai pemecah masalah (problem solver) sehingga parameter waktunya adalah ketika ia berhasil memecahkan masalah desain yang diberikan kepadanya. Ketepatan waktu adalah ketika seorang desainer berhasil menyelesaikan karyanya sebagai solusi dari masalah, dalam atau memenuhi rentang waktu yang diberikan oleh pemberi tugas. Ketepatan waktu adalah selesai dan memecahkan masalah desain dalam rentang waktu yang diminta.

Strategi pembelajaran yang dipakai disesuaikan dengan kualitas inputan (siswa) terhadap proses transfer pengetahuan.

Achievement Standar adalah standar tertentu yang ditargetkan untuk dicapai. Parameter adalah elemen elemen yang bisa diamati dari karya yang memenuhi batasan tingkat tertentu dilihat dari indikator indikator yang disepakati dan/atau normatif berlaku. Achievement standar mengindikasikan tingkat kualitas yang dikehendaki. Yang dimaksud kualitas adalah tingkatan value dari karya yang dihasilkan yang menunjukkan keluasan connoiseurship dalam proses pembuatannya.

Deskriptor dari Achievement Standard (harusnya) ditentukan sesuai dengan standar kompetensi yang berlaku dan ditargetkan.

Dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat merubah kebiasaan siswa (pebelajar) agar lebih teliti dan taat terhadap prosedur, tidak membiarkan siswa abai pada pipeline, dan selesai tepat waktu.

::
Apakah saya sudah bisa menerapkannya di kelas saya?
mari kita buat penelitian untuk itu.

enyerawati, 23122015

Iklan

About enyerawati

i am just an ordinary girl, who fall in love with al Hikam, i have a bit of phographic background from Institut Kesenian Jakarta, and having a class at Desain Komunikasi Visual Univ. Negri Malang at the moment. i am an old student, well, ... kind of :)
Pos ini dipublikasikan di cerita eny, eny bicara Fenomena, graphic design, Kegiatan Pembelajaran, kehidupan kampus, kelasku, LP3i, mahasiswaku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s